Pentingnya Katalis Bagi Seorang Investor


Ketika mempelajari ilmu kimia, kita mengenal istilah katalis (catalyst) yang mengacu pada suatu zat yang dapat mempercepat laju reaksi. Pada beberapa kasus, reaksi kimia terjadi sangat lambat dan memerlukan katalis untuk mempercepatnya.

Ketika berinvestasi seringkali kita menemukan perusahaan yang memiliki bisnis yang bagus. Sayangnya, ada kalanya tidak ada katalis yang menyebabkan bisnisnya tumbuh dengan lebih cepat. Walaupun sebagai investor kita harus memiliki kesabaran agar investasi kita membuahkan hasil, mengetahui katalis dari suatu saham akan sangat memperbaiki kinerja portfolio kita.

Berdasarkan sudut pandang investor, terdapat dua macam katalis. Yang pertama adalah “firm value catalyst” dan yang kedua adalah “stock catalyst”. Firm value catalyst berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan nilai dari suatu bisnis. Yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain adalah merger, akuisisi, dan pergantian manajemen. Hal-hal tersebut berpotensi untuk mengubah value dari suatu perusahaan. Kategori kedua adalah stock catalyst. Katalis jenis ini akan mendongkrak harga saham tanpa mengubah nilai dari perusahaan tersebut. Hal-hal yang termasuk ke dalam antara lain adalah munculnya rumor tentang suatu saham, stock split, dan self-fulfilling myth seperti January Effect ataupun Santa Claus Rally. Adanya aktivitas rotasi sektor yang dilakukan oleh para pemain besar juga berpotensi menjadi stock catalyst. Perubahan harga saham yang diakibatkan oleh stock catalyst lebih merupakan perubahan persepsi pelaku pasar, bukan nilai dari bisnisnya sendiri. Ketika perusahaan melakukan stock split, nilai perusahaan tidak berubah. Harga saham yang lebih rendah sebagai akibat dari stock split akan lebih bisa menjangkau investor dengan dana yang terbatas. Jika sebelumnya untuk membeli satu lot suatu saham diperlukan uang 25 juta rupiah, dengan adanya stock split 1:5, investor dapat berinvetasi pada saham tersebut hanya dengan dana sebesar 5 juta rupiah.

Karena fokus kita adalah nilai dari perusahan maka fokus kita adalah firm value catalyst. J. Dennis Jean-Jacques dalam bukunya “The 5 Keys to Value Investing” mengilustrasikan jenis-jenis firm value catalyst sebagai berikut:

Berdasarkan catalyst matrix tersebut, kita membagi firm value catalyst menjadi 2 kategori yaitu internal dan eksternal. Katalis internal berkaitan dengan apa yang terjadi di dalam suatu perusahaan seperti penjualan aset ataupun perubahan strategi. Katalis eksternal berkaitan dengan apa yang terjadi di luar perusahaan namun dapat mempengaruhi value bisnisnya. Contohnya adalah maraknya merjer dan akuisisi serta bangkitnya perusahaan-perusahaan cyclical (misalnya otomotif dan pertambangan).

Berdasarkan durasinya, masing-masing katalis tersebut dapat dibagi lagi menjadi dua, yaitu one-time event yang durasinya pendek dan series of events yang lebih panjang durasinya. Pada umumnya, one-time event akan mempengaruhi nilai perusahaan dan bisa juga harga sahamnya dalam jangka pendek. Sebagai contoh adalah penjualan aset. Dalam laporan keuangan kita dapat melihatnya di dalam bagian extraordinary income di laporan laba rugi. Biasanya saya tidak memasukkan laba seperti ini di dalam proyeksi untuk valuasi karena hanya terjadi sekali dan tidak akan terulang kembali. Penjualan aset akan memberikan dampak yang bagus perusahaan apabila aset yang dijual memberikan imbal hasil yang lebih rendah daripada cost of capital. Hasil penjualan aset tersebut dapat dipergunakan untuk membeli aset lain yang memberikan imbal hasil yang lebih tinggi.

Dengan mendeteksi adanya firm value catalyst, perusahaan yang sebelumnya mahal  akan terlihat lebih murah karena value-nya bertambah. Perusahaan-perusahaan seperti inilah yang sebaiknya kita cari karena akan memberikan imbal hasil yang memuaskan di masa depan.

About these ads
Gallery | This entry was posted in Analisa Fundamental Saham (Bedah Bisnis). Bookmark the permalink.

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s