Apa Itu Neraca (Balance Sheet)? (Basic LK Bag. 3)


Neraca adalah potret suatu perusahaan pada waktu tertentu. Jika kita melihat neraca tahun 2011, itu artinya kita melihat posisinya pada akhir tahun tersebut. Hal ini berbeda dengan laporan laba rugi yang mengakumulasikan pendapatan dan biaya sepanjang tahun tersebut. Jika dianalogikan dengan kita, di dalam neraca akan ada tabungan, rumah dan mobil pada sisi aset. Pada sisi kewajiban (liabilitas) akan ada hutang pembelian rumah, hutang pembelian mobil, dan hutang kartu kredit. Selisih antara aset dan kewajiban disebut dengan ekuitas yang merupakan kekayaan bersih kita.

Neraca terdiri atas 2 bagian. Bagian pertama adalah aset sementara bagian kedua adalah liabilitas dan ekuitas. Dari sudut pandang perusahaan, liabilitas dan ekuitas adalah sumber modal sementara aset adalah hasil pembelanjaan dari modal tersebut. Oleh karenanya, persamaan dasar akuntansi adalah sbb:

ASET = LIABILITAS + EKUITAS

Sisi kanan adalah modal usaha sementara sisi kiri adalah apa saja yang telah diperoleh dari modal yang telah didapatkan tersebut.

Pada umumnya, neraca akan terlihat seperti di bawah ini.

Sisi sebelah kiri adalah aset sementara sisi sebelah kanan adalah liabilitas dan ekuitas. Sesuai dengan persamaan akuntansi yang telah ditulis sebelumnya, aset (311M) = liabilitas (126M) + ekuitas (185M).

Aset dibagi menjadi 2, yaitu aset lancar dan aset tidak lancar. Aset lancar adalah aset yang dapat dicairkan dalam jangka pendek (kurang dari  setahun) seperti uang kas, piutang usaha, persediaan, dan lain-lain. Aset tidak lancar adalah aset yang masa pencairannya membutuhkan waktu lebih lama dari setahun. Contohnya adalah tanah, mesin, dan bangunan.

Liabilitas juga dibagi menjadi 2, yaitu liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang. Liabilitas yang akan jatuh tempo kurang dari setahun akan masuk ke dalam liabilitas jangka pendek dan apabila lebih dari itu akan masuk ke liabilitas jangka panjang. Yang masuk ke dalam liabilitas jangka pendek adalah hutang usaha, hutang bank, dan lain-lain sementara yang tergolong liabilitas jangka panjang adalah hutang jangka panjang, liabilitas pajak tangguhan, dan lain-lain.

Nilai bersih dari bisnis adalah ekuitas yang merupakan selisih dari aset dan kewajiban yang merupakan hak dari pemegang saham.

About these ads
Gallery | This entry was posted in Basic Investing and tagged , , . Bookmark the permalink.

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s