Bagaimana Menghitung Return Investasi Jika Ada Penambahan/Pengurangan Dana?


Pada workshop Sabtu lalu, ada pertanyaan tentang bagaimana menghitung return portfolio jika setiap bulannya kita aktif melakukan penambahan/pengurangan modal. Jika tidak ada penambahan/pengurangan modal, menghitung return portfolio akan terasa mudah karena kita tinggal menghitungnya berdasarkan pertumbuhan dana investasi. Perhatikan tabel berikut:

Bef_Add Terlihat bahwa karena tidak ada penambahan/pengurangan dana, return dihitung berdasarkan pertumbuhan dana investasi.

Sayangnya, pada praktiknya tidak semudah itu. Terkadang kita akan melakukan penambahan dana investasi ataupun malahan menariknya karena ada kebutuhan pribadi. Hal tersebut mengakibatkan perhitungan return investasi tidaklah semudah contoh sebelumnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kalau saya biasanya menggunakan sebuah indeks acuan, semacam NAB/unit di reksa dana. Dengan menggunakan cara tersebut, bias yang ditimbulkan pergerakan dana portfolio akan hilang. Mari kita perhatikan tabel berikut:

After_Add

Pada tabel tersebut, diasumsikan penambahan/pengambilan dana dilakukan pada akhir bulan. Penambahan/pengambilan dana di dunia reksa dana biasa disebut dengan subscribe/redeem.

Pada contoh tersebut, dana awal adalah 50jt. Agar sama dengan reksa dana, maka NAB/unit kita buat menjadi 1,000 sehingga jumlah unit = 50jt/1,000 = 50,000. Pada akhir bulan, dana kelolaan bertambah menjadi 51jt sehingga NAB/unit menjadi 51jt/50,000 = 1,020.

Pada akhir bulan pertama, ada penambahan dana sebesar 5jt. Adanya penambahan ini akan menambah dana kelolaan namun tidak boleh menambah NAB/unit. Yang bertambah adalah jumlah unit, yaitu sebesar 5jt/1,020 = 4,901.96 unit. Terlihat bahwa setelah penambahan dana, NAB/unit tetap 1,020 sehingga perhitungan return konsisten.

Demikian seterusnya untuk bulan-bulan berikutnya.

Untuk lebih jelasnya, bisa unduh file excelnya di:

http://www.4shared.com/office/uthsLbjO/Simulasi_Perhitungan_Investasi.html

About these ads
Gallery | This entry was posted in Strategi Investasi and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Bagaimana Menghitung Return Investasi Jika Ada Penambahan/Pengurangan Dana?

  1. davisukses says:

    Thanks banget, Pak, ini pengetahuan yang berharga, baru ini saya tau caranya menghitung return jika ada penambahan atau pengurangan dana, brarti yang selama ini saya buat versi saya sendiri salah

  2. Arifin Siadari says:

    iam stop and please dont sent againt

  3. idxstocks says:

    mantabb pak, thanks for sharing :)

  4. Alex says:

    Thank you very much, Master Parahita… :)

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s