Belajar dari Lo Kheng Hong


Sepertinya sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang investor yang satu ini. Kisah keberhasilan investasinya memang fenomenal. Saya masih ingat ketika membaca sebuah artikel tentang Lo Kheng Hong di sebuah majalah sekitar 5 tahun yang lalu. Ketika itu ia bercerita bagaimana ketika menjual harta bendanya untuk membeli saham UNTR. Sepertinya, saham itulah yang menjadi titik tolak keberhasilan investasinya sehingga disebut-sebut sebagai Warren Buffett-nya Indonesia.

Walaupun ada kontroversi tentang keberhasilannya tersebut, banyak hal yang bisa dipelajari dari Lo Kheng Hong. Dari beberapa wawancara dengan Beliau di koran dan majalah, saya mendapatkan beberapa kesimpulan tentang strategi pemilihan sahamnya.

Yang pertama adalah penilaian manajemen. Saya mendapatkan kesan bahwa bagi Lo Kheng Hong, kualitas manajemen beserta GCG (Good Corporate Governance) menjadi faktor terpenting dalam pemilihan saham. Hal tersebut cukup masuk akal. Namun seingat saya dalam hal ini, Beliau berbeda dengan Warren Buffett. Warren Buffett lebih memilih memilih bisnis yang kasarnya, dengan metode autopilot pun bisa berjalan dengan lancar. Walaupun begitu, dalam hal ini Lo Kheng Hong lebih menekankan pada kejujuran manajemen dan bukan kualitasnya.

Langkah kedua dari Lo Kheng Hong adalah memilih sektor usaha. Ia akan mencari sektor-sektor yang menarik dan potensial.

Berkaitan dengan langkah kedua, langkah selanjutnya adalah mencari bisnis yang tumbuh dengan mantap. Menurut Lo Kheng Hong, ia akan mencari perusahaan yang tumbuh dengan konsisten apalagi  jika sebuah labanya naik terus selama 5 tahun.

Langkah terakhir adalah valuasi. Lo Kheng Hong menggunakan PER sebagai patokan untuk melakukan valuasi. Dia akan mencari saham-saham dengan PER kurang dari 5. Sepertinya agak ekstrim memang karena perusahaan yang bagus dan dijual semurah itu cukup jarang. Oleh karena itulah Lo Kheng Hong mengatakan bahwa crash di market merupakan peluang emas karena akan banyak saham bagus yang dijual murah.

Hal menarik lainnya yang saya tangkap adalah kita harus punya daftar saham-saham yang menarik walaupun saat ini harganya sedang mahal. Apa gunanya? Ketika pasar sedang jatuh, kita akan langsung mengetahui saham-saham mana yang harus dibeli.

Jika kita perhatikan, strategi yang digunakan oleh Lo Kheng Hong dalam memilih saham sebenarnya cukup umum. Jika Anda membaca buku-buku tentang investasi sepertinya anjurannya ya sebagian besar seperti itu. Lalu mengapa Lo Kheng Hong bisa berhasil? Sepertinya jawabannya adalah konsistensi dan kesabaran. Berdasarkan pengalaman selama ini, saya jarang menemui orang yang mampu memegang saham selama bertahun-tahun walaupun mengetahui bahwa saham yang dimilikinya berkinerja bagus. Godaan terbesar investor adalah tetap memegang suatu saham yang harganya tidak ke mana-mana sementara saham-saham lain mulai melesat. Perasaan sebagai looser ini akan berpotensi memicu kita untuk menjual saham yang kita miliki dengan saham yang sedang naik harganya tersebut. Saya sendiri pun terkadang mengalami hal tersebut. Oleh karena itu lah saya cukup kagum dengan Lo Kheng Hong atas kesabarannya ketika memegang suatu saham, sebuah kemampuan yang dipengaruhi oleh banyaknya jam terbang. Oleh karena itulah bagi saya tidak ada salahnya untuk mengikuti apa yang dilakukannya walaupun tentu saja tidak dengan mentah-mentah. Setiap orang memiliki profil risiko dan horison investasi yang berbeda-beda. Hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dalam berinvestasi saham.

Hal terpenting yang saya pelajari adalah bahwa sebelum terjun menghitung angka-angka di dalam laporan keuangan, terlebih dahulu kita harus memahami bisnisnya dan prospeknya di masa mendatang. Tanpa melalui proses tersebut, perhitungan kita tidak akan mengenai sasaran.

This entry was posted in Strategi Investasi and tagged . Bookmark the permalink.

12 Responses to Belajar dari Lo Kheng Hong

  1. shendy says:

    Pak parahita..

    Bagaimankah cara menilai suatu perusahaan ini GCG atau tidak.
    Saya banyak mendengar bahwa perhatikan manajmnnya, apabila sering mencuri uang perusahaan = tinggalkan.

    Tapi pada praktiknya
    Bagaimana mengetahuinya ya pak?

    Thx’s

    Like

  2. sriyanto says:

    pak parahita, maaf sebelum nya, dalam meng analisis saya selalu kepentok masalah data..
    apakah pak parahita punya suatu spreadsheet yang bisa meng-load data dari suatu sumber,

    karena menurut saya dengan load data yang kita bisa modifikasi, analysis kita akan beragam dan variatif, kalo yang pro saya pernah dengar bloomberg terminal, tapi untuk versi excell apakah bapak punya, maaf sebelum nya, bila ada biaya yang perlu di keluarkan saya bersedia mengganti nya

    Terima Kasih

    Like

  3. Teddy Supriyadi says:

    Luar biasa sekali sharingnya πŸ™‚ Sama, penyakitku sama pa, perasaan looser seringkali menyerang tatkala sy sedang mengakumulasi sebuah saham, dongkol dan ingin untuk segera menjualnya…
    Smoga artikel ini membawa perubahan terhadap style investasi sy. Trimakasih

    Like

  4. donny says:

    Menarik sekali komentarnya pak, terima kasih atas sharingnya.

    Like

  5. parahita says:

    @sriyanto
    Saya ada sih, cuma harus saya cari dulu πŸ™‚

    @Teddy Supriyadi
    Amiin. Memang jadi investor itu harus sabar πŸ™‚

    @donny
    Sama2 πŸ™‚

    Like

  6. sriyanto says:

    boleh pak kalo ada

    Makasih ya

    Like

  7. Irf says:

    Ditambah lg skrang ada peraturan baru dari sekuritas pak, yg mengharuskan minimal 6 bulan harus ada transaksi pada portofolio kita

    Like

  8. parahita says:

    @Irf itu untuk semua sekuritas?

    Like

  9. aditya says:

    Yang benar, saldo (efek dan dana) tidak boleh kosong dan tidak ada transaksi dalam 6 bulan.
    Jika saldo kosong dan tidak ada transaksi selama 6 bulan akan menjadi dormant account.

    Like

  10. Aswanto S says:

    Bagus !

    Like

  11. dyka says:

    Mohon maaf mengenai peraturan baru mengenai 6 bulan harus ada transaksi,ΘŠΜŠΜβ€ Μ₯u seperti ÂþaΜ…Μ² pak?bagaimana jika tidak melakukan transaksi?
    Mohon penjelasannya,♏ΒͺΪͺΓ―Ρ› awam sekali.

    Like

  12. BWE says:

    Thanks Pak Parahita..

    Like

Sampaikan komentar Anda