Menggunakan Business Model Canvas untuk Membantu Analisis Saham


Pada artikel-artikel yang lalu, saya beberapa kali menyinggung tentang business model. Jika kita hendak melakukan analisis fundamental, sangatlat penting untuk memahami business model-nya karena kita akan mengetahui pos-pos di laporan keuangan dan rasio-rasio yang berguna. Berdasarkan pengalaman saya, banyak sekali orang yang terjebak manakala melakukan analisis laporan keuangan. Seluruh rasio dihitung dan dianalisis satu persatu. Hasilnya? Bingung. Seringkali ditemui kesimpulan yang terlihat saling bertentangan satu sama lain dan susah untuk menentukan rasio mana yang perlu mendapatkan prioritas utama.

Dengan memahami business model, analisa kita akan lebih terfokus pada hal-hal yang krusial sehingga kesimpulannya lebih tajam.

Apakah business model itu? Business model adalah penjelasan tentang alasan-alasan bagaimana sebuah perusahaan menciptakan, mendeliver, dan menangkap value.  Menurut Alexander Osterwalder, business model terdiri atas 9 building blocks. Mungkin ada yang pernah mendengar namanya? Yups, dialah yang menulis buku ini:

 BMG-cover_scheun1Sumber: http://www.businessmodelsinc.com

Di dalam buku ini, Osterwalder memperkenalkan business model canvas yang akan membantu kita untuk mendeskripsikan, mempertanyakan, mendesain, dan menciptakan business model dengan lebih sistematis. Penjelasan lebih lanjut tentang business model canvas bisa dilihat pada presentasi berikut ini:

Business model canvas juga berlaku untuk perusahaan yang terdaftar di bursa saham. Sebagai contoh adalah ACES.

ARNA_BusinessModelCanvas

Dengan membuat business model canvas, kita bisa memahami business model ACES dengan lebih terstruktur. Mau mencoba dengan saham yang lain?

Gallery | This entry was posted in Stock Picking Strategies, Strategi Investasi and tagged . Bookmark the permalink.

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s