WINS: Ready to Go


Selama beberapa tahun belakangan, industri pelayaran terguncang cukup keras ketika krisis global terjadi pada tahun 2008. Volume shipping menurun dan menekan neracanya. Akibatnya, beberapa perusahaan goyang dan berjalan terhuyung-huyung. Di balik semua itu, seperti kejadian yang sudah-sudah, kita akan melihat beberapa perusahaan yang survive. Bukan hanya bangkit dari kejatuhan, mereka bahkan mulai mampu untuk menuai keuntungan.

Asas Cabotage

Salah satu angin segar bagi industri pelayaran domestik adalah diberlakukannya asas cabotage yang mewajibkan kapal-kapal pengangkut di wilayah perairan domestik menggunakan bendera Indonesia. Secara intuitif, kita akan melihat potensi kenaikan pendapatan perusahaan pelayaran domestik karenanya.

Berlakunya asas cabotage pada tahun 2011 tak pelak juga memberikan keuntungan bagi Wintermar Offshore (kode BEI: WINS) yang khusus bergerak di bidang migas. Pada dasarnya, WINS menyewakan kapal-kapal yang khusus diperuntukkan bagi industri migas. Sebut saja Platform Supply Vessel (PSV), Fast Utility Vessel, Utility Vessel, dan yang baru saja dibeli Anchor Handling Tug Supply (AHTS). Khusus untuk PSV dan AHTS, pemerintah menetapkan batas akhir sebelum menggunakan bendera Indonesia adalah akhir tahun 2012. Dengan demikian bisa dibilang WINS cukup bagus dalam melakukan antisipasi.

Klien WINS pun perusahaan nasional dan multinasional yang sudah cukup dikenal seperti Pertamina Hulu Energy, CNOOC, BP Berau, ConocoPhilips, dan lain-lain. Kontrak yang didapatkan rata-rata panjangnya sekitar 2-5 tahun. Dengan demikian kinerja WINS untuk beberapa tahun ke depan cukup prospektif. Progress WINS selama beberapa tahun terakhir dapat kita baca di:

http://www.wintermar.com/newsletters.html

Di websitenya, Manajemen WINS cukup terbuka dalam menjelaskan kontrak-kontrak yang didapatkan sehingga kita bisa memiliki gambaran yang cukup bagus.

Bagaimana kinerja keuangannya?

WINS_Fin

Terlihat bahwa revenue, operating income, dan net earnings WINS terus naik secara meyakinkan selama 5 tahun terakhir.  Penurunan ROE sejak tahun 2010 adalah akibat dari right issue yang membuat ekuitas perusahaan naik.  Selain itu, DER perusahaan juga meningkat meskipun masih dalam batas wajar.

Apa kesimpulannya?

Bisnis WINS tampaknya cukup bagus dan membutuhkan dana untuk ekspansi, baik dari right issue maupun utang. Itulah sebabnya mengapa ROE dan DER-nya terlihat seperti itu selama dua tahun belakangan. Jika melihat kontrak-kontrak yang diperoleh, sepertinya cukup wajar WINS membutuhkan dana yang besar untuk ekspansi.

Bagaimana dengan valuasinya?

WINS_Val Tampaknya di harga saat ini (440), WINS masih memiliki MoS 21,74% dengan harga wajar 562. Dengan terus mengawasi kinerjanya dari waktu ke waktu, sepertinya WINS cukup menjanjikan sebagai kendaraan investasi.

Disclaimer is on.

Gallery | This entry was posted in Valuasi and tagged . Bookmark the permalink.

6 Responses to WINS: Ready to Go

  1. wnurdin says:

    Mantap pak. ulasan yang dalam

    Like

  2. Si Biroe says:

    Mereka jg ada kontrak di Thailand terutama untuk crew boat (Fast Utility Vessel).

    Like

  3. Wani piro says:

    Coba perhatikan industri pesaingnya pak. Asas cabotage bisa diakali sekarang dengan jalan joint partner seperti yang dilakukan rigs dengan akuisisi perusahaan singapura. Beberapa perusahaan lain juga banyak yang joint partner untuk mengakali ini. Dan perhatikan juga rencana ekspansi pertamina shipping ke depannya. Itu juga bisa mengikis margin wins loh pak. 1 hal lagi coba perhatikan manajemennya dengan seksama dan faktor tarif sewa kapal migas yang terus turun dari waktu ke waktu. Just my cents, wins not a good stock for long term.

    Like

  4. parahita says:

    Sepertinya WINS juga melakukan hal yang sama. Untuk rencana ekspansi pertamina ke shipping pertamina akan saya coba cek lagi.
    Untuk sewa yang turun, apakah benar?

    Saya akan coba untuk menelaah lebih lanjut. Terima kasih untuk masukannya 🙂

    Like

  5. hardox says:

    Saya tidak confidence invest long term di saham ini. meskipun secara FA cukup menarik.
    kl melihat historis rekan2 seperjuangan nya banyak yang gulung tikar spt BLTA dan BULL

    Like

  6. teddy supriyadi says:

    mantap! Wins 600 skrg 🙂 luar biasa pa parahita, well done! good job

    Like

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s