The BEI Super Companies (Update 2012)


Setahun yang lalu saya menulis sebuah artikel di blog ini mengenai Super Companies di BEI. Artikelnya dapat dibaca di:

https://parahita.wordpress.com/2012/05/08/the-bei-super-companies/

Sebenarnya yang saya sebut super companies adalah perusahaan yang labanya terus tumbuh dan tidak pernah turun selama 9 tahun terakhir. Dari sekitar 400 saham yang terdaftar di BEI hanya 9 saham yang mampu untuk melakukannya. Jumlah tersebut tidak sampai 3% dari seluruh saham yang terdaftar.

Karena hampir semua emiten telah menyampaikan laporan keuangan tahun 2012, saya akan mencoba untuk memperbarui data sekaligus melakukan tracking terhadap saham-saham tersebut. Apakah mereka mampu untuk terus meningkatkan labanya di tahun 2012 dan melanjutkan cemerlangnya rekam jejaknya?

Mari kita lihat tabel berikut:

SuperCompanies2012Ternyata pada tahun 2012, ke-9 emiten tersebut masih mampu untuk meningkatkan labanya. Itu artinya mereka mampu menumbuhkan labanya secara terus menerus selama 10 tahun berturut-turut.

Kita bisa melihat bagaimana laba PT Mandala Multi Finance (kode: MFIN) selama 10 tahun terakhir telah tumbuh menjadi 35x lipat. Yang mengesankan adalah bahwa kenaikan labanya sangat konsisten dan 91% dapat diprediksi.

Demikian pula PT Semen Indonesia (kode: SMGR) yang mampu tumbuh labanya sebesar 41% per tahun. Laba bersih SMGR yang pada tahun 2002 ‘hanya’ 151 milyar rupiah tumbuh menjadi 4,8 triliun rupiah pada tahun 2012.

Super Companies New Members

Pada tahun 2012 ini terdapat 2 emiten yang mampu menumbuhkan labanya secara konsisten selama 9 tahun berturut-turut, yaitu:

NewMembers2012Kedua nama tersebut tentu tidaklah asing dan sepertinya memang pantas untuk menjadi anggota baru Super Companies.

Yang Tidak Kalah Cemerlangnya

Jika Anda ingin melihat emiten-emiten lain yang tidak kalah cemerlangnya dengan kinerja hanya sedikit di bawah emiten-emiten tersebut, silakan perhatikan tabel berikut:

RemarkableCompanies2012Ke-18 emiten tersebut hampir tanpa cacat menumbuhkan labanya secara konsisten selama 9 tahun terakhir. Perlu dicatat ke-18 emiten tersebut mewakili tidak sampai 5% dari jumlah saham yang terdaftar di BEI. Di antara emiten-emiten tersebut ada beberapa nama yang sudah kita kenal baik seperti PT Astra Otoparts (kode: AUTO), Bank Mandiri (kode: BMRI), atau PT Astra International (kode: ASII). Yang menarik, ada beberapa nama yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pasar dan ternyata mampu untuk menumbuhkan labanya secara konsisten dari tahun ke tahun.

Apakah dengan begitu berarti membuat emiten-emiten tersebut layak untuk masuk ke dalam portfolio kita? Tidak secepat itu. Kita tetap harus menganalisis secara mendalam sebelum berinvestasi pada saham-saham tersebut.

Gallery | This entry was posted in Aneka Ria Riset Investasi, Strategi Investasi and tagged . Bookmark the permalink.

14 Responses to The BEI Super Companies (Update 2012)

  1. fadli says:

    horeee ada smgr ama lpkr…thanks hu hita:D:D

    Like

  2. hadi says:

    apakah anda tukang gorengn keliling??? jadi pusing banyak ulasan kampeny bagus tapu harga saham kok merah melulu

    Like

  3. parahita says:

    @hadi
    Saya boleh disebut apa aja kok 🙂

    Like

  4. fadli says:

    @hadi, kl mau yg sahamnya ga merah, beli bnbr, kark,blta…wk wk wk wk

    Like

  5. davisukses says:

    Pak Parahita, di mana bisa mendapatkan data laporan keuangan semua perusahaan BEI sampai 10 tahun terakhir ? Paling banyak di web IDX atau web perusahaan sendiri cuma ada 5 tahun ke belakang, ada yang cuma 3 tahun, bahkan ada yang gak ketemu pak……

    Like

  6. Jimmy says:

    hore SMSM sama EPMT masuk….
    pernah punya tuh 2 saham… 🙂

    2 saham simpanan yg lain juga masuk dalam daftar 🙂

    Like

  7. Dr. Heru says:

    ada yang mau cloud storage GRATIS ga pake ribet? ini ada COPY.COM Dropbox Box.com cloud storage with UNLIMITED GB Storage: https://copy.com?r=fmvTyw

    Like

  8. igoy says:

    Pak Parahita, bagaimana dgn kenaikan EPS-nya? Apakah kenaikan laba yg konsisten didukung dgn kenaikan EPS?

    Like

  9. Aryo MS says:

    Maaf sedikit OOT, untuk menghitung predictability nya bagaimana yah mas parahita? thx

    Like

  10. DewAsmara says:

    I like your analyst Bro. Nice article. BFIN ini termasuk dahsyat, bisa selamat dari krisis 1997-1998. Manajemennya terkenal solid dan bertangan dingin. Nggak salah pilih dulu skripsi di sana th 1997.

    Like

  11. Pingback: Super Companies (Digging Deeper) | Pojok Ide Investasi

  12. diana says:

    pak parahita – tolong diulas saham mandala multifinance berdasarkan proyeksi super companies menurut pak parahita. berapa asumsi harga yang wajar untuk saham mandala multifinance setelah ada dampak kenaikan bbm dan kenaikan inflasi pada bulan2 mendatang. terima kasih

    Like

  13. Aswanto says:

    Luar biasa !

    Like

  14. james gung says:

    manstab mas bro! sangat sangat bermanfaat bagi investors.

    ttd,
    the trader

    Like

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s