Lebih Jeli Memandang Pertumbuhan Laba


Salah satu faktor penting yang membuat harga saham berubah dari tahun ke tahun adalah pertumbuhan (growth). Yang saya maksud dengan growth adalah pertumbuhan laba bersih. Secara umum, harga akan naik apabila sebuah emiten terus tumbuh labanya. Walaupun begitu, kita harus memperhatikan apakah pertumbuhan labanya masih konsisten atau malahan mulai melambat. Untuk mendapatkan gambaran  yang lebih jelas, silakan perhatikan grafik berikut:

ARNA_Growth

Terlihat bahwa pada periode 2003-2007, pertumbuhan laba bersih ARNA hanya 24% per tahun. Pada kurun waktu yang sama, harga saham ARNA rata-rata hanya naik 9.9% per tahun. Secara intuitif kita dapat menyimpulkan bahwa kenaikan harga sahamnya tertinggal dari kenaikan labanya. Kondisi tersebut berubah manakala pada periode 2008-2012 laba ARNA tumbuh rata-rata 30% per tahun, lebih tinggi dari periode sebelumnya. Tak ayal lagi harga saham ARNA langsung meroket dengan kenaikan rata-rata per tahun 78.7%.

Mari kita perhatikan contoh berikutnya:

TCID_Growth

Kondisi sebaliknya terjadi pada TCID. Laju pertumbuhan laba TCID pada periode 2008-2012 cenderung menurun apabila dibandingkan dengan periode 2002-2007. Penurunan tersebut juga diikuti dengan menurunnya laju kenaikan harga sahamnya. Pada tahun 2002-2007, kenaikan rata-rata harga sahamnya adalah 44% per tahun. Angka tersebut menurun drastis pada periode 2008-2012 menjadi hanya 7% per tahun.

Pertumbuhan laba bersih adalah hal yang bagus. Namun sebagai investor kita harus lebih jeli untuk melihat bagaimana tren pertumbuhannya. Untuk itu lah diperlukan data yang cukup panjang agar mendapatkan gambaran yang lebih lengkap.

Gallery | This entry was posted in Stock Picking Strategies and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Lebih Jeli Memandang Pertumbuhan Laba

  1. Heru says:

    Nice article bro…. BTW, kalau grafiknya ditranslasikan sebagai PER chart akankah menjadi lebih sederhana? Karena PER sudah mengcover earning (EPS) dan harga saham.

    Untuk kasus ARNA karena pertumbuhan earning (EPS) lebih besar daripada harga sahamnya PE chart-nya akan menurun, yang bisa diasumsikan harga sahamnya masih dihargai murah. Begitu juga sebaliknya untuk TCID.

    Like

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s