SMSM: Growing and Growing


Selamat Sampurna adalah produsen komponen otomotif dengan merk Sakura dan ADR. Penguatan dollar AS cukup mendorong kinerjanya mengingat 70% produksinya diperuntukkan bagi pasar mancanegara. Sampai dengan saat ini, SMSM telah mengekspor ke 110 negara tujuan. Lini usaha yang menyumbang pendapatan terbesar adalah filter (59%) dan radiator (14%).

Rekam jejak SMSM cukup cemerlang. Laba bersihnya naik tanpa henti selama 11 tahun terakhir sementara penjualannya bahkan selalu naik selama 21 tahun terakhir. Catatan tersebut cukup mengesankan dan sangat sedikit emiten yang mampu berkinerja seperti itu. Emiten ini pun cukup rajin membagikan dividen. Tercatat selama 8 tahun terakhir mereka konsisten membagikan dividen bagi para pemegang sahamnya.
Pada semesterpertama 2014, laba bersihnya masih naik sebesar 57.8%. Jika mereka dapat mempertahankannya, maka kemungkinan besar pada akhir tahun mereka akan melanjutkan kinerjanya yang baik tersebut.
SMSM_ChartsSelama 5 tahun terakhir, terlihat bahwa baik revenue, operating income, maupun net income naik secara konsisten. Yang menarik, ROE mereka cukup tinggi dan cenderung naik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013, ROE SMSM mencapai 38.3%. Sementara itu, selama 5 tahun terakhir mereka mampu menjaga DER berada di bawah level 0.6. Pada tahun 2013 bahkan level DER berada di bawah 40%.

SMSM_PERPeningkatan laba bersih yang konsisten diikuti pula oleh kenaikan harga sahamnya. Tercatat sejak tahun 2007, harga sahamnya terus naik dari tahun ke tahun.

Bagaimana dengan valuasinya?
SMSM_Valuasi

Dengan kinerja sebaik itu, tidaklah mengherankan kita hanya bisa mengharapkan diskon harga yang terlalu besar. Sebuah bisnis yang bagus dengan margin of safety sebesar 13.9%? Mengapa tidak?

Disclaimer is on.

This entry was posted in Valuasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to SMSM: Growing and Growing

  1. davisukses says:

    Pak Parahita, risk premium yang dipakai itu sebenarnya mesti pakai country risk premium atau equity risk premium ya? Kalo pake equity risk premium, sahamnya jadi overvalued.

    Like

  2. aldo says:

    makasi mas poarahita.ulasan valuasi yang sangat bagus ,2 jempol.koreksi dikit mas,margin of safetynya 16,13 bukan.

    Like

  3. prayudi says:

    Alhamdulillah pas dibahas,..
    Pak Parahita, apakah complience auto parts issue di China dan India, ada impact buat SMSM?
    SMSM adalah salah satu ‘tabungan’ saya,..

    Like

  4. parahita says:

    @davisukses
    Pakai equity risk premium

    @aldo
    16,13 dari mana?

    @prayudi
    ada link terkait?

    Like

  5. Pingback: ROE Breakdown: Studi Kasus SMSM | Pojok Ide Investasi

  6. agung baskoro says:

    pak, website yg menyediakan data historis 5 tahun dimana ya?
    di ft.com cuma 3 tahun ke belakang

    Like

Sampaikan komentar Anda