Maksimalkan Apa Yang Kita Ketahui


Dalam khazanah kuliner Italia, spaghetti aglio e olio mungkin adalah masakan yang paling sederhana. Bahan dasarnya hanyalah minyak, bawang putih, cabe kering, garam, dan lada. Tidak saya sangka bahwa salah satu masakan favorit saya ini ternyata tidak sesederhana itu.

aglio_e_olio

Karena penasaran, saya ingin mencoba untuk memasaknya sendiri. Pertama kali mencoba, saya sangat kecewa karena saya tidak bisa mendapatkan rasa seperti yang disajikan di restoran atau kafe. Didorong oleh rasa ingin tahu, saya menjelajah internet untuk mencari tahu penyebabnya. Sungguh di luar dugaan saya, ternyata banyak sekali yang harus diperhatikan untuk membuatnya secara sempurna.

Sesuai dengan namanya, kita harus menggunakan minyak zaitun yang baik. Selain itu, cara mengolah dan menumis bawang putih juga memberikan peranan yang besar. Itu belum termasuk akurasi kematangan pastanya. Pendek kata, banyak detail kecil yang harus diperhatikan dalam membuat masakan yang terbilang sederhana tersebut agar mencapai kesempurnaan.

Pengalaman yang hampir sama saya alami manakala mulai berinvestasi. Saya menelan semua teknik dan strategi yang bisa saya peroleh untuk menganalisis suatu saham. Hasilnya tidak menggembirakan dan sempat membuat saya frustasi. Seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai menyadari bahwa yang dibutuhkan dalam berinvestasi bukanlah banyaknya strategi yang kita terapkan melainkan memanfaatkan apa yang kita tahu dengan semaksimal mungkin. Istilah yang bisa menggambarkannya mungkin adalah spesialisasi. Kita harus tahu benar cara penggunaan senjata yang kita miliki untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bukanlah hal yang buruk untuk mempelajari berbagai macam hal. Namun yang perlu diingat adalah bahwa seringkali dengan ‘bahan-bahan’ sederhana namun dengan takaran yang tepat akan jauh lebih efektif hasilnya. Saran saya, sebaiknya Anda jangan mencoba menggabungkan berbagai macam strategi sebelum paham benar cara memanfaatkan masing-masing strategi dengan baik.

Gallery | This entry was posted in Investasi, Strategi Investasi. Bookmark the permalink.

One Response to Maksimalkan Apa Yang Kita Ketahui

  1. cakra pelita says:

    Sangat mencerahkan !… memang banyak sekali strategi dan tehnik-tehnik untuk transaksi dan berinvestasi di pasar modal, tapi tidak sedikit yang malah membuat semakin rancu.

    Ijin Menyimak…Thanks

    Like

Sampaikan komentar Anda

