A Thought on Diversification (Again!)


Diversifikasi bertujuan untuk mengurangi risiko yang disebabkan oleh penurunan satu atau beberapa saham di dalam portfolio. Sayangnya, penurunan risiko ini harus dibayar dengan mengecilnya potensi imbal hasil yang kita dapatkan karena saham yang imbal hasilnya biasa-biasa saja akan meredam saham yang imbal hasilnya luar biasa.

Pertanyaan yang sering dilontarkan terkait dengan diversifikasi adalah berapa sebaiknya jumlah saham di dalam portfolio kita?

Untuk menjawabnya, saya mencoba untuk melacak hubungan antara standar deviasi (yang mewakili risiko) dan jumlah saham dalam portfolio. Saya menggunakan data imbal hasil seluruh saham di Bursa Efek Indonesia selama 10 tahun (2004 – 2013) yang kemudian dipilih secara acak sesuai dengan jumlah saham yang diinginkan. Percobaan diulangi selama 25 kali untuk mengurangi bias yang mungkin muncul.

Mari kita perhatikan grafik di bawah ini.

All_Stocks

Terlihat bahwa semakin banyak jenis saham di dalam portfolio, semakin rendah risikonya (dalam hal ini volatilitasnya). Hal menarik yang kita dapatkan di sini adalah bahwa dengan memiliki 20 jenis saham, portfolio kita mampu untuk menyerap sekitar 91% risiko individual saham yang mungkin muncul. Terlihat bahwa jumlah saham yang lebih dari 20 dan seterusnya tidak lagi banyak mereduksi risiko.

Sementara itu, reward to risk ratio (imbal hasil/standar deviasi) meningkat drastis dari hanya 0.5 menjadi hampir bernilai 0.9 jika kita memiliki 20 jenis saham. Terlihat bahwa diversifikasi yang dilakukan efektif untuk mengurangi risiko tanpa harus banyak mengorbankan imbal hasil yang diperoleh.

Sebagai eksperimen, saya mencoba untuk melakukan penyaringan saham-saham yang potensial masuk ke dalam portfolio. Saya hanya akan memasukkan saham-saham dengan growth > 15% dan predictability > 60%. Hasilnya dapat dilihat pada grafik berikut.

Pred_Stocks

Seperti halnya grafik sebelumnya, karakteristik portfolio dengan variasi jumlah saham pada eksperimen kali ini serupa. Hal yang berbeda adalah bahwa hanya diperlukan 15 jenis saham untuk mengurangi risiko hingga 91%. Sementara itu reward to risk ratio menjadi lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu sekitar 1.1.

Kesimpulan penting lain yang bisa diambil adalah bahwa portfolio yang memiliki kurang dari 5 jenis terlihat sangat fluktuatif. Oleh karena itu saya tidak menyarankan untuk mengoleksi saham kurang dari jumlah tersebut di dalam portfolio kita.

Tantangan lain terkait dengan hal ini: Apakah dengan melakukan penyaringan saham lebih lanjut (misal dengan ROE, DER, dll) akan mengurangi jumlah saham minimal yang harus dimiliki agar risiko bisa teredam? Well, I’ll give it to you for that J

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Aneka Ria Riset Investasi and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to A Thought on Diversification (Again!)

  1. trian says:

    Menarik Pak.. saya baca dari buku Corporate Finance Berk & Demarzo juga demikian. Portfolio akan mempunyai variance/SD (risk) lebih rendah dari individual stock. Saya terpikir untuk membuat ‘portfolio basket’, diluar saham2 yang sudah dikoleksi secara individu. Apakah ada sekuritas yang bisa mengakomodasi fiture portfolio basket tersebut ya.. thanks

    Like

  2. nurhadi says:

    Yang jumlah saham 10 dan 5 belum dicoba Pak?

    Like

  3. parahita says:

    @nurhadi sudah ada kan di grafiknya

    Like

  4. ardi says:

    beberapa bulan ini saya sudah mencoba diversifikasi porto dengan model kayak maen dakon. dan ternyata membuat keuntungan lebih stabil. porto terdiri atas 21 emiten yang dipilih dengan memperhatikan beberapa kriteria tertentu (peg, roe, pbv, survey/company visit, equity, debt, current ratio). setelah melihat hasil analisa Pak Hita, ternyata memang tergambar dengan jelas hubungan antara resiko dan diversifikasi porto, terimakasih banyak pak atas analisanya, semoga makin produktif dan berisi

    Like

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s