Jadi Sampai di Mana Kita? (Kinerja Emiten 2014 Secara Keseluruhan)


Street_InvestingPada tulisan sebelumnya, saya pernah membahas tentang kinerja keseluruhan emiten selama satu dekade. Kita bisa melihat bagaimanakah kinerja emiten BEI secara keseluruhan dan mendapatkan gambaran yang besar.

Seperti yang kita ketahui, dari tahun 2014 sampai dengan saat ini kondisi ekonomi terasa cukup berat. Pertumbuhan ekonomi menurun dan banyak emiten yang turun labanya atau bahkan merugi.

Untuk mendapatkan gambaran tahun 2015, kita akan melihat bagaimana kinerja emiten secara keseluruhan selama 12 tahun ke belakang (hingga tahun 2014).

Agresivitas Ekspansi Mulai Menurun

CPR_DER

Pada kedua grafik di atas, terlihat bahwa sejak tahun 2009 hingga tahun 2013 emiten berekspansi dengan agresif. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai capex/revenue dari hanya 6.39% pada tahun 2009 menjadi 10.91% pada tahun 2013. Meningkatnya nilai capex/revenue adalah indikasi bahwa perusahaan berekspansi untuk mengantisipasi permintaan di masa depan (mendahului kenaikan revenue).

Yang menarik, pada tahun 2014 capex/revenue mulai menurun menjadi 10.21%. Fenomena ini diikuti pula dengan menurunnya rata-rata DER yang selama 4 tahun sebelumnya terus meningkat.

Mengapa? Mungkin jawabannya ada pada bagian berikut.

Menurunnya Profitabilitas

Profitability

Terlihat bahwa revenue growth masih terus menurun sejak tahun 2011 hingga 2014. Yang perlu diingat adalah bahwa yang turun hanyalah pertumbuhannya. Secara keseluruhan revenue masih terus naik walaupun momentumnya terus menurun. Hal ini sebenarnya pilihan yang sulit bagi pengusaha. Revenue terus naik namun jika berekspansi, profitabilitas turun.

Terlihat juga bahwa rasio-rasio profitabilitas juga menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja emiten masih menurun di tahun 2014.

  • ROE turun dari peak 12.1% pada tahun 2011 menjadi 8.5% pada tahun 2014
  • Net profit margin terus menurun menjadi hanya 7%. Sebagai catatan, nilai ini masih terbilang cukup tinggi mengingat beberapa tahun sebelumnya hanya berada di bawah level 6%.
  • Inventory turnover terus menurun selama empat tahun terakhir.

Terlihat cukup jelas bahwa menurunnya pertumbuhan ekonomi telah berpengaruh cukup besar terhadap kinerja emiten. Sebagai investor, yang bisa kita tunggu adalah realisasi pembangunan infrastruktur yang diharapkan bisa memicu jump start perekonomian.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Aneka Ria Riset Investasi and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Jadi Sampai di Mana Kita? (Kinerja Emiten 2014 Secara Keseluruhan)

  1. Pingback: Memilih Saham Ketika Ekonomi Melambat | Pojok Ide Investasi

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s