Memantau Pasar Melalui P/E Rata-Rata (IDX30, MSCI, SMInfra18, Infobank15)


Street_InvestingSeperti yang kita tahu, belakangan ini IHSG mengalami koreksi yang cukup besar. Sebagai investor, penurunan tersebut bisa menjadi peluang. Tentu saja kita tetap harus benar-benar memahami bisnis dan prospeknya di tengah melemahnya kondisi perekonomian seperti saat ini.

Kali ini saya akan memberikan gambaran P/E ratio rata-rata saham di BEI. Untuk lebih mudahnya, saya akan memanfaatkan beberapa indeks yang menjadi acuan.

Indeks pertama adalah IDX30 yang berisikan 30 saham pilihan yang diturunkan dari LQ-45.

IDX30

Terlihat bahwa rasio P/E rata-rata IDX30 adalah 16.45x. Terlihat bahwa UNVR memiliki rasio P/E yang sangat tinggi. Jika kita mengeluarkan UNVR dari perhitungan, P/E rata-ratanya menjadi 15.41x.

Selanjutnya kita akan memantau MSCI (Morgan Stanley Capital International) Indonesia. Indeks ini dipergunakan untuk mengukur kinerja saham di Indonesia yang diwakili oleh 30 saham.

MSCI

Terlihat bahwa rasio P/E rata-rata saham penyusun MSCI Indonesia adalah 16.62x. Jika kita mengeluarkan UNVR dan BMTR yang P/E rasionya sangat tinggi, P/E rata-ratanya berubah menjadi 14.59x.

Jika sebelumnya kita melihat rasio P/E indeks yang cakupannya luas (antar industri), kali ini kita akan mencoba untuk melihat indeks SMInfra18 yang mewakili 18 saham di BEI yang terkait dengan infrastruktur. Indeks ini penting karena mewakili sektor infrastruktur yang rencananya menjadi target program pemerintah.

SMInfra18

Rasio P/E rata-rata saham penyusun SMInfra18 adalah 14.11x, sedikit lebih rendah daripada IDX30 dan MSCI Indonesia.

Bank memegang peranan penting sebagai pihak intermediasi dalam perekonomian. Bank akan menyimpan dan menyalurkan dana masyarakat untuk menunjang aktivitas perekonomian. Oleh karena itu ada baiknya kita juga memantau indeks Infobank15.

Infobank15

Rasio P/E rata-rata saham-saham penyusun indeks Infobank15 adalah 15.92x. Jika kita mengeluarkan saham BINA dari perhitungan, maka rasio P/E rata-rata turun menjadi 13.54x.

Jika kita perhatikan, rasio P/E rata-rata keempat indeks tersebut berkisar antara 13.5x – 15.4x. Jika kita mengacu pada rata-rata historis rasio P/E IHSG berikut, sepertinya angka tersebut cukup wajar. Rasio P/E rata-rata historis IHSG adalah 14.76x.

per-ihsg

Artikel mengenai rasio P/E rata-rata historis IHSG tersebut bisa dibaca di:

https://parahita.wordpress.com/2012/06/11/berapakah-nilai-wajar-ihsg/

Yang perlu diingat adalah bahwa meskipun rasio P/E saham-saham BEI sudah terlihat wajar, tidak ada jaminan pasar tidak akan terkoreksi lagi. Sentimen negatif yang masih menggelayuti pasar saat ini berpotensi untuk menarik IHSG semakin ke bawah.

Saya pribadi menggunakan rasio P/E rata-rata tersebut sebagai alat bantu untuk menilai posisi dan situasi. Untuk memilih saham, saya melakukan analisis yang mendalam terkait dengan bisnisnya. Tidak ada tawar-menawar terhadap hal tersebut.

Advertisements
Gallery | This entry was posted in Aneka Ria Riset Investasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Memantau Pasar Melalui P/E Rata-Rata (IDX30, MSCI, SMInfra18, Infobank15)

  1. brianfendy says:

    Pak, untuk data EPS IHSG total biasa mau check dimana ya pak?

    Like

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s