Buku Yang Akan Saya Baca


Akhir minggu ini ada beberapa buku yang belum sempat saya baca sampai selesai. Walaupun sebenarnya buku-buku ini tidak terkait langsung dengan saham, isinya sangat membantu kita untuk lebih memahami analisis fundamental saham.

Manajemen Turnaround: Kiat-Kiat Bisnis Terbaik dari Pengalaman Indonesia

TurnaroundMgt

Ketangguhan perusahaan dalam menghadapi krisis menjadi faktor yang sangat penting ketika kita melakukan analisis fundamental. Tidak selamanya bisnis berjalan dengan lancar. Kondisi ekonomi yang memburuk ataupun berubahnya peta persaingan akan menekan kinerja perusahaan. Jika manajemen tidak mampu untuk mengambil langkah-langkah yang tepat, bukan tidak mungkin perusahaan akan gulung tikar.

Buku ini juga dilengkapi oleh studi kasus tentang turnaround di 20 perusahaan seperti PT Astra Otoparts, Tbk, PT Blue Bird Taxi, PT Mayora Indah, Tbk, dan masih banyak lagi.

Jika Anda hendak mendeteksi perusahaan yang memiliki potensi untuk bangkit, buku ini bisa membantu Anda untuk mengetahui indikasinya.

8 Wajah Kelas Menengah

8WajahKlsMenengah

Melanjutkan buku sebelumnya yang cukup fenomenal (Consumer 3000: Revolusi Konsumen Kelas Menengah Indonesia), kali ini Yuswohady mencoba untuk menggali lebih dalam dengan memetakan segmentasi kelas menengah di Indonesia.

Bagi investor, studi ini cukup berharga mengingat kelas menengah semakin menjadi segmen konsumen yang dominan untuk berbagai macam produk dari emiten. Lebih jauh lagi, kita akan lebih memahami apakah sebuah perusahaan telah menyasar segmen yang tepat bagi produknya sehingga bisa menjadi lebih kuat dan bertahan lebih lama.

Consuming Indonesia

ConsumingIndonesia

Ketika pertama kali melihat buku ini, saya agak skeptis dengan judulnya. Saya mengira buku ini hanyalah buku lainnya yang mengupas tentang middle class. Setelah saya melihat-lihat isinya, barulah nampak bahwa isi buku ini lebih dari itu. Buku ini membahas tentang pola konsumsi masyarakat Indonesia dengan fokus pada fenomena-fenomena tertentu yang dibahas secara cukup mendalam.

Hal menarik lainnya adalah bahwa buku ini ditulis oleh penulis asing (Kurasawa Aiko & William Bradley Horton) sehingga kita bisa mengharapkan sudut pandang yang segar dan berbeda dari penulis lainnya.

Memilih Bank Yang Sehat

MemilihBankSehat

Yang menarik dari buku ini adalah fokusnya terhadap analisis fundamental bank. Selama ini kebanyakan metode analisis yang diulas bersifat generik dan seringkali kurang relevan apabila kita terapkan untuk industri perbankan yang memiliki keunikan tersendiri.

Kita juga disuguhi beberapa kasus menarik di dunia perbankan seperti merger, L/C ekspor, obligasi rekap dan masih banyak lagi. Dan tentunya yang terpenting, yang digunakan adalah kasus-kasus di Indonesia.

Buku ini adalah sumber yang berharga bagi seorang investor saham mengingat ketajaman pembahasan serta banyaknya studi kasus yang disertakan.

Beat The Giant: Strategi Merek Indonesia Menandingi Merek Global dan Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

BeatTheGiant

Sekali lagi Yuswohady menulis buku yang bagus. Kali ini topiknya adalah tentang merek-merek Indonesia yang berpotensi untuk bersaing di kancah global. Yang menarik, Yuswohady memberikan beberapa rekomendasi strategi berbeda sesuai dengan sumber daya yang dimiliki serta tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian, sebagai investor kita bisa melakukan review apakah strategi yang dicapai oleh perusahaan-perusahaan tersebut masih sesuai dengan kondisinya.

Demikianlah beberapa buku yang (rencananya) hendak saya tuntaskan membacanya. Tidak pernah ada kata cukup ketika kita mencari ilmu.

Gallery | This entry was posted in Investasi. Bookmark the permalink.

One Response to Buku Yang Akan Saya Baca

  1. FirstClass says:

    Thanks Banget Pak Parahita

    Like

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s