Membaca Laporan Keuangan Bag. 1: Mengenal Laporan Keuangan


“Mengingat bahwa kemampuan membaca laporan keuangan sangat penting, saya akan mencoba menuliskan seri artikel tentang hal tersebut. Artikel akan diterbitkan secara periodik. Saya sebisa mungkin akan memberikan contoh kasus di dunia nyata agar pembaca bisa lebih mudah memahaminya.”

 

 

Laporan keuangan adalah gambaran dari kondisi keuangan perusahaan selama periode tertentu atau pada waktu tertentu. Oleh karenanya, sebagai investor kemampuan untuk membaca laporan keuangan sangatlah penting. Tanpa adanya kemampuan untuk membaca laporan keuangan, kita berpotensi untuk salah dalam mengartikan berita atau informasi terkait dengan kinerja perusahaan. Sebagai contoh, saya sering sekali bertemu dengan orang yang mengalami kesulitan untuk membedakan antara pendapatan (revenue) dengan laba (earning). Dalam kondisi tertentu, kesalahan penafsiran akan berakibat serius terhadap akurasi pengambilan keputusan investasi kita.

Sesuai dengan tujuannya, angka-angka di dalam laporan keuangan merefleksikan aktivitas bisnisnya. Oleh karenanya, akan lebih mudah untuk memahami laporan keuangan suatu perusahaan apabila kita mengetahui bagaimana perusahaan tersebut menjalankan aktivitas bisnisnya. Akan sangat berbahaya apabila kita menafsirkan laporan keuangan tanpa mengetahui apa yang dikerjakan oleh perusahaan yang bersangkutan. Terkait dengan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa bisnis yang berbeda akan menghasilkan penyajian laporan keuangan yang berbeda pula. Walaupun setiap perusahaan mengikuti pedoman penyusunan laporan keuangan yang terstandardisasi, kita bisa melihat bahwa terdapat ciri khas tertentu yang membedakan angka-angka di dalam laporan keuangan perusahaan di suatu industri dengan industri yang lain.

Laporan keuangan yang sering menjadi bahan rujukan investor adalah laporan laba rugi (income statement), neraca (balance sheet), dan laporan arus kas (cash flow statement). Sebenarnya masih ada satu lagi yaitu laporan perubahan ekuitas (the statements of shareholders’ equity) namun jarang digunakan karena tidak terlalu banyak mengandung informasi penting. Keempat laporan keuangan tersebut beserta dengan penjelasannya akan dirilis oleh perusahaan secara berkala. Di Bursa Efek Indonesia, emiten yang terdaftar diwajibkan untuk mempublikasikan laporan keuangan tiap kuartal. Khusus pada akhir tahun, laporannya disebut dengan laporan keuangan tahunan.

Di dalam buku ini, selain menjelaskan cara membaca laporan keuangan kami juga akan memberikan panduan untuk menilai apakah angka-angka di dalam laporan keuangan menunjukkan bahwa perusahaan berkinerja baik atau tidak.

Faktor penentu keberhasilan investasi adalah kinerja perusahaan di masa mendatang. Sayangnya, kita tidak bisa mengetahuinya dengan akurat. Walaupun begitu, apabila memiliki informasi akurat mengenai kinerja keuangan perusahaan di masa lalu, akan lebih mudah bagi kita untuk memprediksikan kinerja perusahaan di masa mendatang.

Laporan keuangan yang telah dirilis oleh emiten dapat diunduh di http://www.idx.co.id. Selain itu, rangkuman laporan keuangan juga dapat dilihat di situs Financial Times (http://www.ft.com) atau Reuters (http://www.reuters.com).

Bagian kedua dapat dibaca di sini.

This entry was posted in Investasi. Bookmark the permalink.

5 Responses to Membaca Laporan Keuangan Bag. 1: Mengenal Laporan Keuangan

  1. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 2: Laporan Laba Rugi | Pojok Ide Investasi

  2. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 3: Pendapatan | Pojok Ide Investasi

  3. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 4: Harga Pokok Penjualan | Pojok Ide Investasi

  4. Pingback: MARJIN LABA BRUTO (GROSS PROFIT MARGIN) | Pojok Ide Investasi

  5. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 6: Marjin Laba Bruto (Studi Kasus TELE) | Pojok Ide Investasi

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s