Membaca Laporan Keuangan Bag. 2: Laporan Laba Rugi


Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya

Salah satu cara termudah membaca laporan keuangan adalah dengan memulai dari laporan laba rugi. Alasannya? Pada laporan laba rugi kita akan langsung mengetahui apakah suatu perusahaan untung atau rugi dalam kurun waktu tertentu. Jadi, jika dalam laporan keuangan tahun 2015 suatu perusahaan menyatakan bahwa ia memperoleh laba bersih sebesar Rp 200 miliar, hal tersebut berarti bahwa selama setahun, sebesar itulah laba bersih yang berhasil diperolehnya.

Sebagai informasi, emiten-emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diwajibkan untuk merilis laporan keuangan tiap kuartal walaupun hanya laporan keuangan tahunan saja yang harus melalui proses audit.

Pada umumnya, laporan laba rugi dapat kita pisahkan menjadi tiga bagian, yaitu: pendapatan/penjualan, biaya/beban, dan laba. Secara sederhana yang disebut laba adalah pendapatan dikurangi dengan biaya. Dengan melakukan analisis secara seksama, laporan laba rugi dapat membantu kita mengetahui apakah suatu perusahan memiliki kinerja yang bagus atau tidak. Tentu saja ada beberapa alat bantu yang bisa kita gunakan untuk dapat menemukan perusahaan-perusahaan yang bagus. Salah satunya adalah rasio keuangan. Dengan membandingkan suatu pos dengan pos yang lain, kita akan dapat melihat lebih jelas apakah perusahaan memiliki kondisi keuangan yang baik atau tidak.

Pada bagian-bagian selanjutnya, saya akan mencoba menjelaskan cara membaca laporan keuangan beserta tambahan beberapa topik yang menurut saya tidak kalah pentingnya.
Sebagai contoh, saya akan menggunakan laporan keuangan PT Mayora Indah, Tbk (kode BEI: MYOR) tahun 2015. Kita akan mencoba membaca dan melakukan analisis sehingga dapat mengambil kesimpulan apakah emiten ini memiliki kinerja yang baik atau tidak. PT Mayora Indah, Tbk bergerak di bidang produksi makanan dan memiliki enam divisi, yaitu biskuit, gula-gula, wafer, coklat, kopi instan, dan minuman sereal. Merek-merek utamanya antara lain Roma, Kopiko, Beng-Beng, Choki-Choki, Torabika, dan Energen.

LK_MYOR_2015_full

Pada bagian selanjutnya, kita akan mendiskusikan masing-masing pos satu persatu.

This entry was posted in Investasi. Bookmark the permalink.

6 Responses to Membaca Laporan Keuangan Bag. 2: Laporan Laba Rugi

  1. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 1: Mengenal Laporan Keuangan | Pojok Ide Investasi

  2. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 3: Pendapatan | Pojok Ide Investasi

  3. Fans says:

    Ditunggu selanjutnya

    Like

  4. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 4: Harga Pokok Penjualan | Pojok Ide Investasi

  5. Pingback: MARJIN LABA BRUTO (GROSS PROFIT MARGIN) | Pojok Ide Investasi

  6. Pingback: Membaca Laporan Keuangan Bag. 6: Marjin Laba Bruto (Studi Kasus TELE) | Pojok Ide Investasi

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s