BEI Super Companies 2016 Update


Seperti tahun lalu, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai emiten-emiten dengan pertumbuhan laba yang konsisten dalam jangka panjang. Daftar emiten tahun lalu dapat dilihat dalam artikel berikut:

The BEI Super Companies (update dengan LK 2015)

Seperti dikemukakan sebelumnya, penyebutan super company ini mengacu hanya pada konsistensi pertumbuhan laba selama 10 tahun terakhir. Untuk mengetahui apakah emiten-emiten tersebut benar-benar layak sebagai wahana investasi, Anda harus melakukan analisis yang lebih mendalam.

Perfect_2016

Terlihat bahwa terdapat 11 emiten yang labanya terus tumbuh selama 10 tahun terakhir. Terdapat 3 emiten baru yang masuk ke dalam daftar ini yaitu PT Kimia Farma, Tbk (KAEF), PT Metropolitan Kentjana, Tbk (MKPI), dan PT Pembangunan Perumahan (Persero), Tbk (PTPP).

Jika kita cermati, emiten-emiten tersebut labanya tumbuh rata-rata sebesar 25.7% per tahun atau dengan kata lain jika kita menggunakan aturan 72, labanya akan naik menjadi dua kali lipat setiap 3 tahun sekali. Sementara itu, emiten-emiten tersebut memiliki tingkat prediktabilitas berkisar antara 91% s.d 100%. Dengan kata lain, pertumbuhan laba emiten tersebut selama 10 tahun terakhir dapat diprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Seperti juga tahun lalu, saya juga membuat daftar emiten yang selama 10 tahun terakhir labanya hanya pernah sekali turun.

Almostperfect_2016

Daftar ini berisikan 23 emiten. Jumlahnya meningkat dibandingkan dengan 17 emiten pada tahun 2015. Terlihat bahwa terdapat 9 emiten baru yang masuk ke dalam daftar tersebut. Sementara itu, terdapat 4 emiten yang sebelumnya masuk ke dalam daftar super companies namun sempat sedikit tersandung sehingga masuk ke dalam daftar almost perfect.

Disclaimer:

Artikel ini adalah hasil dari penelaahan pribadi dari penulis dan bukan merupakan ajakan untuk membeli atau menjual saham emiten-emiten yang telah disebutkan. Segala keuntungan dan kerugian yang terkait dengan pembelian atau penjualan saham tidak menjadi tanggung jawab penulis.

 

Advertisements
This entry was posted in Aneka Ria Riset Investasi, Investasi and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to BEI Super Companies 2016 Update

  1. ardianyuka says:

    riset yang luar biasa..semoga menjadi amal mas hita
    saya mencoba mendalami bagian BOD perusahaan-perusahaan ini ternyata pengaruh siapa siapa pemimpin perusahaan juga cukup signifikan dalam memprediksi kinerja perusahaan itu..atau istilah ndesonya man behind the business

    Like

  2. yono rahmansah says:

    informasi yang sangat berharga pa…..terima kasih …jadi bahan pertimbangan investasi…
    ngomong ngomong kira kira kapan mas parahita bahas valuasi emiten d BEI berdasarkan buku VALUE INVESTING FROM GRAHAM TO BUFFET AND BEYOND?
    thanks

    Like

Sampaikan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s